Senin, 16 April 2012

Sumsel, Provinsi Pertama Yang Tuntaskan Perekaman e-KTP

Palembang----Kementerian dalam negeri memberikan apresiasi yang tinggi terhadap 15 Kabupaten Kota di Sumatera Selatan yang telah menuntaskan perekaman e-KTP secara keseluruhan. Dia menyebut prestasi tersebut tercatat sebagai yang pertama dari 197 Kabupaten kota di 33 Provinsi.

"Sumsel tercatat sebagai yang pertama selesaikan perekaman e-KTP 100 persen  dari 33 Provinsi, bayangkan ini kerja luar biasa mampu selesaikan dalam tiga bulan saja," kata Menteri Dalam Negeri Gamawang Fauzi, Senin, 16 April 2012.

Menurut Gamawang Fauzi, Untuk program 2011 ini, Selain Sumatera Selatan tercatat 4 provinsi lain nya yang diberi tenggat hingga April untuk menyelesaikan proses perekaman e-KTP. Sayangnya dari 4 Provinsi tersebut baru Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang mendekati tuntas 100 persen. 
Sementara itu 28 provinsi lain nya dimasuk kan dalam program tahun 2012.

Proyek e-KTP disebut mendagri sebagai proyek besar, pasalnya tidak kurang dari Rp 5.8 Triliun dikucurkan oleh Pemerintah pusat untuk melakukan persiapan, pembelian peralatan serta honor petugas. Menteri Gamawang melanjutkan wajib malu hukumnya bila proyek nasional ini tidak dapat diselesaikan. "Dua hari lalu saya cek sudah 60 Juta yang sudah direkam," ujar mantan Gubernur Sumatera Barat.

Donny Moenek, Kepala Pusat Penerangan kementerian dalam negeri memastikan selain Sumsel, tahun ini juga yang diharapkan dapat menuntaskan perekaman adalah provinsi Sumatera Utara, Bangka Belitung (babel), Sumatera Barat (Sumbar), Jawa Timur (Jatim) dan DKI jakarta. Menurut Donny, pihaknya masih menantikan laporan dari Sumut, Sumbar, Jatim dan DKI Jakarta.

"Targetnya hingga akhir April 4 daerah ini bisa memberikan laporan," kata Donny Moenek disela-sela mendampingi mendagri memberikan penghargaan bagi walikota dan Bupati yang dapat menyelesaikan perekaman sebelum tenggat waktu.

Lebih lanjut dikatakan oleh Donny, pekan silam pihaknya juga memberikan penghargaan bagi pemerintah provinsi Bangka Belitung. Namun sayangnya Babel masih menyisahkan satu kabupaten yang masih melakukan proses perekaman.

"Sebenarnya nyaris saja Bangka belitung yang menjadi yang pertama kalau tidak ada kendala di salah satu Kabupaten."Ujar Donny.

Sementara itu Gubernur Alex Noerdin memastikan di Sumsel terdapat 4.5 dari 8.4 juta penduduk yang wajib mengikuti program e-KTP. Calon Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, proses perekam di kantor kecamatan sudah dimulai semenjak bulan Oktober lalu. "Meski perekam sudah tuntas, dimintakan petugas untuk tetap siap sedia lakukan perekam bagi program regular. Jangan cepat puas diri," ujar Alex. (PARLIZA HENDRAWAN)

Tidak ada komentar: