Rabu, 29 Juni 2011

Jamnas IX Siap Dihelat

PALEMBANG----Jambore Nasional gerakan pramuka IX/ 2011 siap di helat pada 2 Juli 2011 di danau wisata Teluk Gelam kabupaten Ogan Komering Olir (OKI) Sumatera Selatan. Dipastikan event akan dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono. Kepastian ini didapat dari Gubernur Sumsel Ir.Alex Noerdin dalam rapat pemantapan kedatangan presiden RI ke Sumatera selatan Rabu siang 29 Juni 2011. Menurut Gubernur, pembukaan akan berlangsung sekitar pukul 16.00 di kawasan wisata danau teluk gelam.
Kapolda Sumatera Selatan Inspektur Jenderal Polisi Hasyim Irianto
mengatakan pihaknya akan menurunkan satuan yang dapat menguasai lapangan utamanya dari satuan lalulintas. Karena dipastikan bila tidak diatur sedemikian rupa maka jalur yang akan dilalui oleh rombongan presiden akan menimbulkan kemacetan. tercatat jalan lintas timur sumatera (jalur yg akan dilalui RI I) merupakan salah satu jalur rawan macet. Dijadwalkan, RI I dan rombongan dari bandara SMB II Palembang menuju lokasi pembukaan Jamnas IX akan menggunakan kendaraan darat dengan lama waktu tempu 90 menit.
Sementara itu Bupati OKI Ishak Mekki, mengatakan secara umum persiapan sudah 99 persen. Sisa waktu beberapa hari ke depan akan dilakukan evaluasi terhadap kekurangan pada tahap akhir, seperti masalah penerangan dan kondisi jalan . Menurut ketua DPD Partai Demokrat ini Sumsel ini seluruh fasilitas yang krusial telah rampung pembangunannya, seperti fasilitas air bersih di setiap bangunan sudah rampung. Demikian juga Juga dengan rumah knock down yang akan menjadi home stay bagi perwakilan masing-masing kontingan pramuka sudah siap dihuni seluruh peserta.
Untuk mensukseskan acara ini Pemerintah Kabupaten OKI diantaranya telah membangun 1.200 WC, jalan poros dan lingkungan dengan batu sudah dipadatkan dan siap dipakai. Panitia juga menyediakan areal parkir seluas 12 hektare dan media centre dengan akses internet, berikut perangkat pendukung dan petugasnya.
Peserta peserta Jambore Nasional IX Pramuka yang akan berlangsung 2-9 Juli 2011 akan diikuti peserta lebih dari 30.000 orang anggota pramuka dari seluruh Indonesia termasuk peserta dari Negara-negara Asean, Asia Pasifik dan tim peninjau. Bumi perkemahan di kawasan Danau Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir memiliki luas lahan mencapai 65 hektare serta ada danau yang luasnya sekitar 400 hektare. Jarak tempuh antara bandara SMB II palembang menuju ke danau teluk gelam sekitar 3 jam perjalanan pada kondisi normal.

1 komentar:

uze mengatakan...

wah.. kk tingkat ya..